KARYA ILMIAH

Pengarang
Rusmin Husain
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013di SDN Se-Kecamatan Kabila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penetapan kurikulum 2013, guru masih mengalami kesulitan dalamproses perencanaan pembelajaran. Pada dasarnya, penyusunan rencana pembelajaran dalam kurikulum 2013sama dengan kurikulum yang lama. Perbedaan yang ada tidak terlalu signifikan karena penyusunan rencana pembelajaran tetap berdasarkan silabus dan buku pegangan guru yang telah disediakan oleh pemerintah. Pelaksanaan kurikulum 2013 belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu peran guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sangat signifikan, selain menggunakan buku yang sudah ada, juga harus menggunakan sumber dari media lainnya. Diakui, bahwa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 masih terdapat beberapa kendala, diantaranya keterbatasan waktu, terkait proses pembelajaran, dalam hal ini guru masih sulit mencari cara agar siswa bisa aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu terdapat pula kesulitan dalam menggunakan format penilaian yang ada. Kata Kunci : Persepsi Guru, Kurikulum 2013
Penerbit
Fakultas Ilmu Pendidikan UNG
Kontributor
Biaya Sendiri
Terbit
2017
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 382 kali
Download