Pengarang
Elya Nusantari
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar dan retensi siswa yang belajar dengan berbagai model pembelajaran/strategi belajar yang bervariasi. Penelitian ini juga untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi retensi siswa. Penelitian dilakukan pada siswa SMA di Kota Gorontalo. Metode Penelitian adalah metode komparatif analitis yakni membandingkan beberapa penelitian yang telah dilakukan peneliti dengan metode penelitian yang berbeda yakni satu penelitian PTK, dan dua penelitian quasi eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar, strategi belajar mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar; strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan retensi, strategi belajar mind mapping berpengaruh terhadap retensi; model pembelajaran kooperatif Script lebih cocok bagi siswa berkemampuan rendah dibandingkan dengan kooperatif STAD. Sehingga dapat disimpulkan Faktor-faktor yang mempengaruhi retensi antara lain 1) pemilihan strategi belajar/model pembelajaran; 2) karakteristik materi; 3) kemampuan akademik siswa; 4) waktu pelaksanaan tes retensi; 5) factor internal. Disarankan kepada para guru agar dapat memilih model pembelajaran dan strategi belajar yang tepat agar siswa dapat belajar dengan bermakna sehingga meningkatkan hasil belajar dan retensi.
Penerbit
FIP-JIP UNG
Kontributor
Elya Nusantari
Terbit
2015
Tipe Material
PROSIDING
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 7985 kali