KARYA ILMIAH

Pengarang
Supriyadi
Subjek
- Bahasa
Abstrak
Abstrak: Pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negeri 8 Gorontalo ada tiga jenis, yakni pendekatan (i) tradisional, (ii) komunikatif, dan (iii) kontekstual. Dalam pembelajaran pada beberapa aspek kebahasaan, pendekatan tradisional masih mendominasi, sedangkan pendekatan komunikatif dan pendekatan tradisional relatif kurang diterapkan dalam pembelajaran. Dalam hal itu, guru memang benar-benar kurang paham akan implementasi model pembelajaran kontekstual. Sementara itu, strategi yang diterapkan dalam proses pembelajaran juga kurang mengarah pada strategi kontekstual yang tercermin pada tujuh elemen kontekstual. Dalam hal itu, guru juga kurang paham akan implementasi strategi pembelajaran yang berbasis kontekstua. Interaksi kelas yang terjadi memang sudah menunjukkan adanya interaksi tiga arah, namun kuantitas siswa yang memang berinteraksi masih kurang memadai. Bahkan kadang-kadang memang tidak terjadi interaksi yang mengarah pada interaksi yang kontekstual dan lebih sering interaksi tersebut terjadi satu arah dari guru ke siswa. Media pembelajaran, buku-buku sumber dan bahan-bahan ajar suplemen kurang tersedia secara memadai. Guru masih mengandalkan buku paket sebagai satu-satunya sumber yang dianggap cukup memadai. Guru kurang kreatif menciptakan media, memilih bahan-bahan ajar yang bersifat alternatif di luar buku paket yang telah disiapkan sekolah. Sistem evaluasi yang diterapkan kurang mengukur apa yang seharusnya diukur. Banyak hal yang seharusnya dilakukan tes performansi untuk mengukur kemampuan berbahasa praktis siswa, tetapi kurang dilakukan secara memadai. Tesnya masih banyak menguji tentang aspek kognitif siswa daripada psikomotor dan afektif bahasa siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa memang sudah cukup bervariasi yang mencakup tes dan nontes. Akan tetapi pada tes akhir semester instrumen yang digunakan lebih banyak berupa tes. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kurang tampak pada proses belajar-mengajar. Begitu juga kemampuan bernalar siswa juga kurang memadai. Aktivitas berpikir kritis dan kreatif siswa, antara lain menjawab pertanyaan, menyanggah, dan mengemukakan pendapat tetapi belum merata pada seluruh siswa. Prestasi belajar siswa tergolong sedang, hanya 6 siswa kelas VII yang memiliki keunggulan nilai, 1 siswa kelas VII-3 dan 5 siswa kelas VII-4. Sedangkan siswa kelas VIII yang memiliki keunggulan nilai adalah 5 siswa kelas VIII-1 dan 3 siswa kelas VIII-2, untuk yang lain memiliki prestasi sedang. Di sisi lain, permasalahan yang dihadapi guru dalam upaya pengembangan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif siswa, antara lain (i) minimnya alokasi waktu, (ii) penguasaan guru atas materi yang akan diajarkan, dan (iii) penguasaan strategi yang kontekstual belum sepenuhnya diterapkan oleh guru, karena terkendala faktor pengetahuan dan ketrampilan kontekstual masih minim. Jenis life skill yang dikembangkan di sekolah adalah kecakapan akademik. Guru lebih banyak mempersiapkan siswanya dengan berbagai kecakapan aspek kebahasaan untuk menunjang kelancaran berbahasa, aspek ketrampilan berbahasa yang mencakup ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta kecapan aspek kesusastraan untuk membuat siswa peka terhadap nilai-nilai etis dan estetis suatu karya sastra. Pengembangan kecakapan akademik tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa melanjutkan studi pada jenjang berikutnya yang lebih tinggi. SMP Negeri 8 Gorontalo adalah jenis sekolah umum dan bukan sekolah kejuruan, sehingga siswa lebih banyak dibekali kecakapan akademik untuk kepentingan studi selanjutnya daripada kecakapan vokasional yang bersifat praktis profesional. Permasalahan yang muncul dalam kaitannya dengan pengembangan life skill siswa adalah guru kurang menyadari arti pentingnya kecakapan hidup bagi siswa. Proses pembelajaran yang seharusnya diterapkan dengan model kontekstual untuk mengembangkan life skill siswa justru kurang dipahami oleh guru. Kata-kata kunci: kendala, kompetensi, life skill
Penerbit
Universitas Negeri Yogyakarta
Kontributor
Supriyadi
Terbit
2008
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 42823 kali
Download