Pengarang
Abd. Kadim Masaong
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Abstrak
Kepemimpinan kepala sekolah sangat strategis dalam pengembangan iklim sekolah, sebab kepala sekolah berfungsi sebagai the key players dengan peran utama sebagai pemimpin, pendidik, pengelola dan inovator. Dengan kecerdasan emosional yang tinggi, kepala sekolah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, mampu menilai diri sendiri dengan akurat, humoris, transparan, penuh inisiatif, fleksibel dan optimistis. Sedangkan kepala sekolah dengan kecerdasan spiritual yang tinggi mampu memberi makna ibadah setiap perilakunya yang dilandasi dengan pemikiran yang jernih (fitrah), bijaksana menjalankan tugas, tekun berdoa, jujur, rendah hati, pemaaf, toleran dan lemah lembut.
Dampak dari kecerdasan emosional dan spiritual kepala sekolah yang tinggi akan berimbas pula pada guru terutama dalam proses pembelajaran di kelas. Guru tampil sebagai sosok pribadi yang dapat diteladani, digugu, menanamkan kasih sayang, kepedulian, kesabaran, kreativitas, rendah hati, bijaksana, berkomitmen tinggi dan kejujuran bagi peserta didiknya. Jika kepala sekolah dan guru dapat memerankan dengan baik aspek-aspek kecerdasan emosional dan spiritual tersebut, maka iklim sekolah sangat kondusif sehingga menghasilkan peserta didik yang berkarakter tangguh.
Kata kunci: kecerdasan ESQ, kepala sekolah, iklim sekolah
Penerbit
Panitia ICEMAL UM Malangg
Kontributor
-
Terbit
2012
Tipe Material
MAKALAH
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 10909 kali