KARYA ILMIAH

Pengarang
Novri Y. Kandowangko
Subjek
- Sains
Abstrak
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan kemampuan memecahkan masalah terhadap keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum fisiologi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi terhadap keterampilan proses sains mahasiswa, (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains mahasiswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah rendah, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan kemampuan memecahkan masalah mahasiswa terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Kata kunci: Inkuiri Bebas Dimodifikasi, Kemampuan Memecahkan Masalah, Keterampilan Proses Sains, Fisiologi Tumbuhan
Penerbit
FKIP University of Jember
Kontributor
-
Terbit
2015
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 457 kali
Download