KARYA ILMIAH

Pengarang
Resmawan
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Tujuan p enelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara p ersepsi mahasiswa terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil b ela jar mahasiswa jurusan p endidikan matematika. Meto de p enelitian yang digunakan adalah meto de survei dengan p endekatan korelasional. Populasi p eneli tian ini adalah seluruh mahasiswa reguler Jurusan Pendidikan Matematika Tahun Pela jaran 2010-2011 mulai dari semester I I I sampai semester VI I sebanyak 331 orang yang tersebar pada 12 kelas. Pengambilan samp el dilakukan secara proportionale random sampling sebanyak 10 persen dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 33 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi mahasiswa terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada dosen agar dalam setiap proses pembelajaran selalu berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman dan bersahabat, dengan menerapkan teknik pengelolaan kelas secara efektif, sehingga muncul persepsi yang baik dari mahasiswa yang kemudian dapat memicu semangat dan motivasinya untuk menerima dan memahami materi yang diberikan. Selain kepada dosen, mahasiswa juga diharapkan dapat berperan aktif sehingga dapat terjadi umpan balik dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung.
Penerbit
Jurnal Euler Universitas Negeri Gorontalo
Kontributor
-
Terbit
2014
Tipe Material
ARTIKEL
Identifier
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 4270 kali
Download