KARYA ILMIAH

Pengarang
Muhammad Yusuf
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan Kelas yaitu mengamati proses pengembangan, dan implementasi perangkat pembelajaran. Penerapan di lapangan menggunakan rancangan penelitian One Group pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93,2% mahasiswa mampu mengembangkan, dan 87% mahasiswa mampu mengimplementasikan perangkat dengan baik, serta aktivitas mahasiswa selama kegiatan pembelajaran berkategori baik. Dengan demikian penggunaan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran Sains SD di Jurusan PGSD dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Key Words: Perangkat Pembelajaran, PAKEM, Pembelajaran Sains
Penerbit
Buletin Sibermas: Universitas Negeri Gorontalo
Kontributor
Penulis
Terbit
2011
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 202 kali
Download