KARYA ILMIAH

Pengarang
Tri Handayani Amaliah
Subjek
- Ekonomi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai siri’ na pesse untuk mengkonstruksi tujuan bisnis. Penelitian dilakukan pada pengusaha etnis Bugis-Makassar yang bermukim di Gorontalo. Nilai-nilai dalam siri’ na pesse bagi masyarakat Bugis-Makassar adalah sebuah “kitab hidup” yang menjadi modal dasar non materi untuk berusaha dan beraktivitas dalam setiap sendi-sendi kehidupan. Siri’ na pesse merupakan pertaruhan harga diri sebagai simbol keberartiannya sebagai manusia menuju kemuliaan yang sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan bisnis bagi etnis Bugis-Makassar dapat dikonstruksi dalam empat dimensi, yakni dimensi materi, humanis, aktualisasi diri, dan spiritual. Keempat dimensi ini juga mengandung pesan moralitas dari prinsip sulapa eppa wala suji (segi empat bela ketupat) yang menunjukkan pandangan kesempurnaan atas dunia dari empat penjuru mata angin. Kata kunci: Siri’ na pesse, materi, humanis, aktualisasi diri dan spiritual
Penerbit
Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia (Mami)
Kontributor
Bala Bakri dan Tri Handayani Amaliah
Terbit
2015
Tipe Material
PROSIDING
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 2690 kali
Download