Peneliti
Nurhayati Abbas
Jenis Penelitian
Penelitian Fundamental Guru Besar
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masing banyak guru yang kurang mampu melaksanakan penilaian autentik sesuai yang diamanatkan oleh Kurikulum 2013. Karena itu, tujuan jangka panjang yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah tersedianya instrumen penilaian autentik yang terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bisa diadopsi guru matematika maupun guru mata pelajaran lainnya dan meningkatnya kemampuan guru menyusun dan melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran di Provinsi Gorontalo. Target khusus penelitian adalah tersedianya contoh (prototype) instrument penilaian autentik yang terdiri atas: instrumen sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran matematika; hasil penelitian dipresentasikan dalam forum ilmiah nasional/internasional, dan dimuat dalam jurnal terakreditasi nasional.
Pencapaian target penelitian di atas dilakukan melalui metode penelitian pengembangan (Research and Development). Metode penelitian ini mengacu pada pendapat Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang dikenal dengan sebutan Four-D Model, yaitu define, design, develop, and disseminate. Pengembangan instrument penilaian autentik ini melibatkan pakar pendidikan matematika dan pakar penilaian/evaluasi melalui validasi ahli. Pakar/ahli dimaksud adalah beberapa guru matematika yang telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013, dosen pendidikan matematika, dan dosen dengan latar pendidikan Doktor bidang PEP. Selanjutnya dilakukan validasi melalui kelompok guru matematika dan siswa untuk mendapatkan umpan balik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif.
Berkas ini telah didownload sebanyak 7118 kali