Peneliti
						Buyung Rahmad Machmoed
						Jenis Penelitian
						Penelitian Pengembangan IPTEKS
						Sumber Dana
						PNBP/BLU
						Abstrak
						Pengembangan teknologi dibidang konstruksi yang semakin maju tidak dapat dipisahkan dari pengelasan karena mempunyai peranan penting dalam rekayasa dan reparasi logam. Dewasa ini teknik pengelasan secara umum banyak digunakan dalam proses penyambungan batang-batang  pada kontruksi baja di industri perkapalan. Pengelasan  pada konstruksi kapal menuntut  persyaratan yang sangat ketat karena kompleksnya masalah dalam pengelasan, seperti distorsi, tegangan sisa, dan sifat mekanik las pada berbagai jenis dan bentuk  yang diaplikasikan pada konstruksi kapal. Karena kompleknya konstruksi penyambungan pelat sehingga proses pengelasan sering menyimpang dari prosedur baku  dengan alasan  mempercepat produksi meskipun tanpa didahului dengan analisa sifat fisis mekanik. Salah satu contoh  kasus adalah aplikasi sambungan las satu sisi (one side welding) pada dek dan lambung kapal sebagai pengganti sambungan las dua sisi (double  side welding).
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh sudut alur V 60° (one side welding),  terhadap sifat mekanik las (uji tarik dan ketangguhan impack) hasil pengelasan MIG (metal inert gas) dengan filer AWS A5.18 ER 70S-6. Target jangka panjang penelitian ini adalah dapat memberikan konstribusi pengelasan pada sambungan las MIG dan sifat mekanis  las yang  optimal. Material yang digunakan  adalah baja karbon yang digunakan pada kapal-kapal tengker. Jenis pengelasan menggunakan las MIG (metal inert gas). Kemudian dilakukan karakterisasi fisik    mekanik las.
 Berkas ini telah didownload sebanyak 5808 kali