PENELITIAN

Peneliti
Salma Halidu
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FIP
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
Kurikulum 2013, siswa tidak lagi menjadi objek dari pendidikan, tapi justru menjadi subjek dengan ikut mengembangkan tema dan materi yang ada. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh sebagai pemangku kebijakan tertinggi mengatakan bahwa “ Standar penilaian pada kurikulum baru tentu berbeda dengan kurikulum sebelumnya”. Secara umum, penilaian adalah proses sistematis pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, dan interpretasi informasi untuk memberikan keputusan terhadap kadar hasil kerja. Penilaian yang diterapkan dalam KTSP adalah Penilaian Berbasis Kelas (PBK). PBK memiliki pengertian penilaian sebagai assessment, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh dan mengefektifkan informasi tentang hasil belajar siswa pada tingkat kelas selama dan setelah kegiatan belajar mengajar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 di kelas IV MI – AL Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan kurikulum KTSP dan kurikulum 2013 di kelas IV MI–AL Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu wawancara dan observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dengan menitik beratkan pada Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 di kelas IV MI–AL Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Berkas ini telah didownload sebanyak 128 kali
Download