Peneliti
Majid
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU MIPA
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari peneliltian ini adalahuntuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berpusat Masalah (ProblemCentered Learning) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).Penelitian ini merupakan suatu kajian studi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa yang tersebar di kelas dengan jumlah rata-rata siswa setiap kelas terdiri atas 26-29 orang. Total populasi berjumlah 219 orangPengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dari 8 kelas diambil secara acak 2 kelas, yang akan dijadikan sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berpusat pada masalah (eksperimen) dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (kontrol). Berdasarkan hasil pengacakan diperoleh kelas VIII-2 diajarkan dengan model pembelajaran berpusat pada masalah (kelas eksperimen) dan kelas VIII-3 diajarkan dengan model pembelajaran langsung (kelas kontrol).
Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kemampuan Koneksi matematika siswa pada materi pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok. Sumber data tersebut adalah seluruh siswa yang menjadi sampel. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematika sesudah pelajaran (post test).tehnik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang diajukan oleh peneliti. Dalam menguji hipotesis penelitian ini menggunakan statistik uji t dua sampel bebas (independet test).