PENELITIAN

Peneliti
Nina Lamatenggo
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FIP
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
Kurikulum pendidikan di Sekolah Dasar merupakan rekayasa pedagogik yang sengaja dirancang dan didesain oleh sekolah agar tujuan pendidikan dalam lembaga pendidikan itu bisa dicapai. Untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah peran kepala sekolah sebagai leader sangat diperlukan di samping ketersediaan sarana dan prasarana penunjang. Itulah sebabnya peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul:Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya sekolah Untuk Pemenuhan Sarana Prasarana Penunjang Pelaksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola sarana prasarana ekolah yang penunjang pelaksanaan kurikulum. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui gambaran sarana dan prasarana pendidikan dasar di provinsi Gorontalo yaitu menyangkut; (1) Gambaran keadaan dari a) ketenagaan (guru), (b) sarana gedung, (c) media, (d) out put, (e) pembiayaan, dan (f) kesejahteraan tenaga pendidik pada pendidikan dasar di provinsi Gorontalo, (2) Kondisi khusus sarana prasarana pendidikan dasar di provinsi Gorontalo, (3) Faktor penopang utama yang menentukan baik tidanya sarana dan prasaran sekolah pendidikan dasar di provinsi Gorontalo, (4) langkah-langkah dan program meningkatkan daya dukung saran prasarana sekolah dalam pembelajaran pendidikan dasar di provinsi Gorontalo, dan (5) Bagaimana parameter sarana dan prasaran pendidikan dasar di provinsi Gorontalo. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dilaksanakan selama satu tahun yaitu 2015. Sasaran/objek penelitian adalah mahasiswa Jurusan MP yang sedang menyusun skripsi berada pada tahapan penyusunan proposal penelitian. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah; (1) diperoleh gambaran kompetensi kepala sekolah, (2) implementasi kurikulum dalam kegiatan intra dan ekstra pendidikan, (3) terdeskripsikan sarana dan prasarana di sekolah dasar penunjang pelaksanaan kurikulum, (4) sebanyak 3 (tiga) buah artikel yang dimuat dalam jurnal, (5) sebanyak 3 (tiga) skrisi mahasiswa yang diselesaikan tepat waktu.
Berkas ini telah didownload sebanyak 126 kali
Download