Peneliti
Sitti Roskina Mas
Jenis Penelitian
Penelitian Berorientasi Pengembangan Produk
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Persoalan kinerja sekolah menjadi isu penting dalam Pengembangan Sekolah Seutuhnya/School Integrated Development (PSS/SID). Penilaian indeks kinerja sekolah perlu secara intens dilakukan sebagai salah satu sarana kontrol dan evalusi terhadap perencanaan pengembangan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Indeks Kinerja Sekolah/School Performance Index (IKS/SPI) yang akan digunakan untuk menilai pencapaian kinerja sekolah. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) Desain instrumen IKS yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menilai kinerja sekolah; (2) Mengembangkan secara bertahap dan sistematis kriteria-kriteria/indikator-indikator melalui ujicoba instrumen Indeks Kinerja Sekolah pada beberapa sekolah sampel dan (3) Megimplementasikan, mengevaluasi dan mengembangkan lebih lanjut instrumen IKS sehingga dapat didiseminasikan dan diterapkan secara luas pada sekolah.
Penelitian termasuk penelitian pengembangan (Research & Development) yaitu mengembangkan instrumen IKS yang dikembangkan adalah model yang dianalisis, didesain dan diadopsi dari berbagai model penilaian kinerja sekolah. Uji dan validitas/kelayakan instrumen yang telah dikembangkan akan diuji operasional dan uji ujicoba terbatas dan uji lapangan. Sebelum implementasi menyeluruh dan tersebar akan dilakukan revalidasi. Saat pengimplementasiannya tim peneliti akan mendampingi, memantau, dan mengevaluasi bersama dengan pihak sekolah melalui kegiatan brainstorming dan lokakarya. Revisi, perbaikan dan pemantapan instrumen akan dilakukan melalui refleksi bersama agar tujuan pengembangan dan implementasi instrumen yang telah dikembangkan dapat dicapai.
Berkas ini telah didownload sebanyak 324 kali