PENELITIAN

Peneliti
Nova Elysia Ntobuo
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU MIPA
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
ABSTRAK “Penggunaan PhET (Phyics Education Technology) Interactive Simulation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 di SMA N 2 Kwandang pada materi Usaha dan Energi pada mata pelajaran fisika” program studi pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kwandang, pada semester ganjil Tahun ajaran 2015/2016, subjek penelitian ini sebanyak 28 orang, terdapat 19 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini dipadukan dengan media PhET Simulation dengan langkah-langkah penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Variabel penelitian yaitu : (1) variabel Input (2) variabel proses (3) variabel output. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan selama penelitian adalah (1) lembar pengamatan aktivitas guru (2) lembar pengamatan aktivitas siswa (3) tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa diakhir siklus
Berkas ini telah didownload sebanyak 89 kali
Download