PENELITIAN

Peneliti
Astin Lukum
Jenis Penelitian
Penelitian Terapan
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
COVID-19 mengharuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah saat ini ada yang berbasis daring, ada pula yang berbasis luring tapi dalam skala yang terbatas. Seiring dengan perkembangan zaman, maka perkembangan teknologi pun semakin maju dan pembelajaranpun dapat dilakukan dengan jarak jauh tanpa harus dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Pelaksanaan pembelajaran berbantuan google sites sangat cocok dimanfaatkan sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran saat ini. Hal ini karena google site merupakan sistem yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri maupun kolaboratif dimana tersedia sumber belajar dan evaluasi dari segala aktivitas peserta didik (Muhammad dkk, 2021: 7). Namun berdasarkan observasi yang dilakukan pada beberapa guru pengajar IPA tingkat SMP, sebagian besar guru belum mampu menerapkan pembelajaran yang berbasis google sites. Hal ini karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berbantuan google sites. Pelaksanaan pembelajaran dengan google sites dapat terlaksana dengan baik jika diawali dengan perencanaan yang baik melalui perangkat pembelajaran yang mendukung. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran Quided Inquiry Berbantuan Google Sites pada konsep getaran dan gelombang pada sekolah SMP Negeri 3 Gorontalo. Luaran wajib yang ditargetkan adalah HKI perangkat pembelajaran Quided Inquiry Berbantuan Google Sites pada konsep Getaran dan Gelombang dan luaran tambahan berupa draf tesis, publikasi Jurnal internasional (submit) atau jurnal nasional terakreditasi SINTA dengan ISSN 2540-9859 tahun 2022. Penelitian ini tergolong dalam jenis Penelitian Pengembangan model 4-D yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate) oleh Thiagarajan, dkk (1974; 6). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo
Berkas ini telah didownload sebanyak 58 kali
Download