Peneliti
Maryam Rahim
Jenis Penelitian
Penelitian Terapan
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Career pocket book merupakan media layanan informasi karir yang akan digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling dan siswa sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman karir siswa dalam mengenal jenis-jenis profesi yang populer saat ini, karena telah banyak jenis profesi baru yang hadir dan menjadi pembaharuan perputaran ekonomi di Indonesia. Siswa sekolah dasar juga perlu memahami minat dan bakat yang dimiliki sehingga mampu secara mandiri menentukan arah masa depan sesuai dengan potensi yang dimiliki nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan career pocket book sebagai media layanan informasi karir untuk meningkatkan pemahaman karir siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo, (2) mengetahui kefektifan career pocket book sebagai media layanan informasi karir untuk meningkatkan pemahaman karir siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan penelitian dari Sugiyono (2016) yang terdiri dari terdiri dari 10 langkah utama, di mana penelitian ini menggunakan 7 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk. Subjek uji ahli yaitu ahli media bimbingan dan konseling, ahli bimbingan dan konseling karir, ahli bahasa Indonesia. Subjek uji coba kelompok kecil yaitu 9 orang siswa dan 3 orang guru Bimbingan dan Konseling. Uji coba kelompok besar dilakukan kepada siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo dengan menggunkan metode quasi eksperimen. Teknik utama pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif (analisis isi) dan analisis data kuantitatif uji-t. Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini berupa artikel yang dipublish di jurnal nasional terakreditasi. Tingkat Kesiapterapan Teknologi penelitian yang diusulkan ini termasuk pada kategori 5, yakni validasi komponen/subsistem dalam suatu lingkungan yang relevan.
Berkas ini telah didownload sebanyak 106 kali