Peneliti
Masruroh
Jenis Penelitian
Riset Akselerasi Asisten Ahli (RA3)
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Pendidikan merupakan pilar dan pondasi pembangunan bangsa dan dalam era digital yang terus berkembang pesat, integrasi teknologi menjadi keharusan. Guru geografi harus memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan mengambil manfaat dari transformasi digital. Guru bertanggung jawab memberikan pengetahuan geografi kepada siswa. Dalam era yang dipenuhi dengan kemajuan teknologi digital, tantangan baru muncul dalam dunia pendidikan, khususnya dalam membangun profesionalisme bagi para pendidik. Profesionalisme guru tidak hanya mencakup penguasaan terhadap materi pelajaran, tetapi juga kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke dalam pembelajaran. Guru memegang peran penting dalam membimbing siswa untuk menjadi warga dunia yang sadar akan lingkungan dalam konteks geografi di mana pemahaman akan keragaman dunia dan perubahan lingkungan semakin penting. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk memahami betapa pentingnya membangun profesionalisme guru geografi di era digital untuk memastikan pendidikan yang unggul dan relevan bagi masa depan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana guru geografi dapat mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran geografi dengan efektif. Tujuan umum dari riset ini untuk mengidentifikasi praktik baik dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru geografi untuk pengembangan kebijakan pendidikan dan pengembangan profesionalisme guru geografi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan Studi kasus berfokus pada lima sekolah terbaik di Kota Gorontalo. Data akan dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan guru geografi, dan analisis dokumen. Pola pengajaran, temuan penting dan tren di era digital yang muncul terkait dengan tantangan dan perubahan dalam membangun profesionalisme guru geografi di era digital akan dianalisis secara tematik. Penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang berharga bagi pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam hal pembangunan profesionalisme guru geografi di era digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi guru geografi dan pihak kebijakan pendidikan tentang bagaimana menangani tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk mendukung kebijakan pemerintah dan mencari solusi masalah pendidik.
Berkas ini telah didownload sebanyak 6 kali