PENELITIAN

Peneliti
Nurul Fajryani Usman
Jenis Penelitian
Riset Akselerasi Asisten Ahli (RA3)
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa mengakibatkan Indonesia masih termasuk dalam kategori rendah pada PISA 2023. Rendahnya kemampuan berpikir kritis, juga dibarengi dengan rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan kolaborasi siswa di sekolah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa untuk berpikir secara kompleks. Model pembelajaran Project Oriented Problem Based Leraning (POPBL) merupakan model pembelajaran yang menggabungkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan model problem based learning (PBL) dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam proyek membantu memberikan siswa pengalaman belajar yang berharga, berkontribusi pada peningkatan keterampilan mereka. Model pembelajaran POPBL akan diintegrasikan didalam e-modul Biologi sebagai bahan ajar. E-modul dirancang dengan berbagai fitur seperti teks, gambar, audio, dan video, sehingga memungkinkan siswa belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan retensi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis POPBL dalam mata pelajaran biologi dengan fokus meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif dan kolaborasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Diharapkan hasil dari penelitian ini adalah pengembangan E-Modul berbasis model POPBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa dalam konteks pembelajaran biologi. E-Modul ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang bernilai dan dapat diadopsi secara luas oleh pendidik biologi.
Berkas ini telah didownload sebanyak 15 kali
Download