PENELITIAN

Peneliti
Bertu Rianto Takaendengan
Jenis Penelitian
Riset Akselerasi Asisten Ahli (RA3)
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Tingkat performansi dari perguruan tinggi (PT) ditentukan dari keberhasilan PT mencapai atau memenuhi indikator kinerja utama (IKU). Salah satu IKU yang harus dicapai adalah keterlaksanaan pembelajaran berbasis kasus/proyek sebagai perwujudan paradigma pembelajaran mandiri di perguruan tinggi. Pendidik memainkan peran vital dalam menyiapkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dimana teknologi tidak lagi menjadi pilihan, melainkan keharusan dalam mendukung proses pembelajaran di era saat ini. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menjawab tuntutan ini adalah penggunaan modul elektronik (e-modul) yang berbasis digital. Mata kuliah kalkulus lanjut memiliki signifikansi penting khususnya dalam jurusan matematika dan bidang terkait. Namun, tantangan muncul dalam pemahaman konsep turunan fungsi dua variabel atau lebih, yakni sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memvisualisasikan grafik atau fungsi yang berkaitan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sumber belajar tambahan yang inovatif untuk memperkaya pengalaman pembelajaran yakni melalui pengembangan e-modul kalkulus differensial tingkat lanjut berbasis case method dengan eksplorasi visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek uji coba adalah satu kelas mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo semester III tahun akademik 2024/2025. Harapan dari hasil penelitian ini adalah e-modul yang dirancang untuk melibatkan mahasiswa dalam menyelesaikan kasus-kasus yang terkait dengan materi kalkulus lanjut, disertai dengan visualisasi gambar yang mengilustrasikan konsep yang sedang dipelajari sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman konsep kalkulus diferensial tingkat lanjut bagi mahasiswa.
Berkas ini telah didownload sebanyak 10 kali
Download