Peneliti
Nova Elysia Ntobuo
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan mengimplementasikan model-model pembelajaran yang berbasis PAKEM merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya proses pembelajaran. Perangkatpembelajaran yang akan digunakan pada implementasi Model-model pembelajaran akan diuji kevalidan atau kelayakan oleh pakar. Proses penelitian ini akan dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu tahap pengembangan perangkat, uji ahli,ujicoba terbatas pada pelajaran Sains kelas V SD/MI, dan uji meluas pada pelajaran sains pada kelas V SD/MI di Kecamatan Suwawa Selatan. Selanjutnya hasil pengembangan perangkat ini pengimplementasiannya disebar di kelas 4, SD/MI. Saat pengimplementasiannya tim peneliti memantau proses pembelajaran dan setelah selesai dilakukan diskusi dengan guru pengajar untuk merefleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk perbaikan selanjutnya. Pengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan rancangan model four-D. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Implementasi di lapangan mengunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian tes, dan penyebaran angket. Hasil analisis validitas perangkat pembelajaran, menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan baik dan layak untuk diimplementasikan di kelas V SD, LKS yang dikembangkan sesuai dengan arah
perencanaan di RPP, dan tes yang dikembangkan untuk mengukur hasil belajar valid
dan dapat dipahami. Hasil analisis data ujicoba menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan
pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan dan aktivitas siswa muncul dalam bekerja sama atau berkomunikasi, bertanya, menghargai pendapat teman, dan menyumbang idea tau pendapat yang merupakan ciri khas dari model-model pembelajaran berbasis PAKEM. Sedangkan hasil belajar siswa 100% tuntas, serta rata-rata minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran baik. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada pelajaran Sains SD kelas IV baik dan layak untuk digunakan.
Berkas ini telah didownload sebanyak 2140 kali