Peneliti
Lukman A.R. Laliyo
Jenis Penelitian
Fundamental (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah mengkaji fungsi pemetaan struktur
pengetahuan sebagai cara baru dalam memperbaiki efektifitas proses pembelajaran,
sehingga belajar siswa menjadi lebih efisien dan tepat sasaran. Penelitian tahun 1 ini
bermaksud untuk (1) Mengetahui gambaran pemahaman konsep laju reaksi siswa kelas
XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo (2) Mengetahui Konsep-konsep Laju Reaksi
yang belum dipahami siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo (3)
Mengetahui peta pemahaman konsep laju reaksi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di
Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi
penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo. Sampel diambil
secara acak satu kelas pada masing-masing sekolah, sampel berjumlah 120 siswa.
Instrumen penelitian ini berupa tes penguasaan konsep laju reaksi sebanyak 12 item
soal berbentuk essay. Hasil uji instrument tes diperoleh tingkat validasi isi sebesar
91,6%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Tingkat pemahaman siswa
SMA Negeri di Kota Gorontalo tentang konsep laju reaksi termasuk dalam kategori
sangat rendah ini dilihat dari rata-rata keseluruhan persentase jawaban benar siswa
adalah 39,2%, (2) Konsep-konsep yang belum dipahami siswa dalam memahami laju
reaksi adalah persamaan reaksi, pengertian laju reaksi, menafsirkan grafik laju reaksi,
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, orde reaksi, persamaan laju reaksi dan
teori tumbukan. (3) Peta Struktur Pengetahuan yang selanjutnya diproyeksikan menjadi
jalur pembelajaran Siswa SMA Negeri di Kota Gorontalo dalam memahami konsep laju
reaksi, cenderung mengalami ketidakurutan dan tidak saling terkait dalam menjelaskan
pengertian laju reaksi, menentukan laju reaksi, menafsirkan grafik laju reaksi,
menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, menentukan orde reaksi,
persamaan laju reaksi, dan teori tumbukan.
Berkas ini telah didownload sebanyak 3949 kali