PENELITIAN

Peneliti
Evi P. Hulukati
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan pada pembelajaran yag dilaksanakan selama ini yang kurang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa, akibatnya banyak siswa yang memahami materi yang diajarkan hanya pada saat dijelaskan oleh guru. Bukan suatu hal yang mengejutkan jika hasil belajar matematika pun rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui penerapan model penemuan terbimbing menggunakan tugas bentuk superitem. Pada tahun pertama kegiatan penelitian difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran. metode penelitian ini pada dasarnya merupakan developmental research, melalui siklus olah pikir dan kaji tindak pembelajaran. Dari proses penelitian pengembangan dan berdasarkan data empirik dilapangan. pada akhirnya dapat diperoleh sebuah model pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik siswa SMP . Tahapan yang telah dicapai dalam kegiatan penelitian selama 6 bulan pada tahun pertama ini adalah dihasilkannya bahan ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika, uji efektivitasnya dalam pembelajaran serta analisis efektifitas Studi pendahuluan atau uji coba terbatas terhadap pengembangan kemampuan komunikasi dan kemampuan penemuan terbimbing matematika siswa Rencana pada tahun kedua adalah (1) Menyempurnakan Perangkat pembelajaran serta instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah pakar, serta workshop. (2) menerapkannya dalam pembelajaran. (3) Melihat efektivitas penerapan model yang dikembangkan terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik siswa dilihat dari variasi kemampuan siswa
Berkas ini telah didownload sebanyak 882 kali
Download