Peneliti
Nurhayati Abbas
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar guru belum terbiasa
menanamkan konsep Geometri dengan menggunakan alat peraga. Padahal,
pengajaran melalui alat peraga akan mampu membuat peserta didik menemukan
konsep maupun rumus-rumus matematika. Hal ini sejalan dengan implementasi
Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pengajaran dengan menggunakan
pendekatan saintifik yaitu suatu pendekatan pengajaran yang dimulai dengan
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan menyimpulkan. Salah satu faktor
penyebabnya adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran contoh
matematika berbasis alat peraga sehingga guru terlihat kurang kreatif dalam
mengelola pembelajaran. Akibatnya penguasaan peserta didik terhadap konsepkonsep
Geometri
bermasalah.
Karena
itu,
perlu
dirancang
perangkat
pembelajaran
contoh
Geometri berbasis alat peraga dan Kurikulum 2013. Metode perancangan
mengacu pada pendapat Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu pendefinisian,
perancangan, dan pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dirancang yaitu:
silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan lembar kerja
praktikum. Perancangan perangkat pembelajaran ini melibatkan guru matematika
SMP dan dosen pendidikan matematika. Keterlibatan guru dimulai dari
merancang hingga memvalidasi hasil rancangan. Draft hasil validasi ahli ini
diujicobakan pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Hasil
penelitian diperoleh silabus dan RPP berbasis Kurikulum 2013, bahan ajar, dan
lembar kerja praktikum (LKP) untuk konsep Lingkaran berbasis alat peraga yang
siap diseminasikan pada beberapa sekolah untuk melihat keunggulan perangkat
tersebut.
Berkas ini telah didownload sebanyak 5417 kali