PENELITIAN

Peneliti
Nurhayati Abbas
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar guru belum terbiasa menanamkan konsep Geometri dengan menggunakan alat peraga. Padahal, pengajaran melalui alat peraga akan mampu membuat peserta didik menemukan konsep maupun rumus-rumus matematika. Hal ini sejalan dengan implementasi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pengajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu suatu pendekatan pengajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan menyimpulkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran contoh matematika berbasis alat peraga sehingga guru terlihat kurang kreatif dalam mengelola pembelajaran. Akibatnya penguasaan peserta didik terhadap konsepkonsep Geometri bermasalah. Karena itu, perlu dirancang perangkat pembelajaran contoh Geometri berbasis alat peraga dan Kurikulum 2013. Metode perancangan mengacu pada pendapat Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dirancang yaitu: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan lembar kerja praktikum. Perancangan perangkat pembelajaran ini melibatkan guru matematika SMP dan dosen pendidikan matematika. Keterlibatan guru dimulai dari merancang hingga memvalidasi hasil rancangan. Draft hasil validasi ahli ini diujicobakan pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Hasil penelitian diperoleh silabus dan RPP berbasis Kurikulum 2013, bahan ajar, dan lembar kerja praktikum (LKP) untuk konsep Lingkaran berbasis alat peraga yang siap diseminasikan pada beberapa sekolah untuk melihat keunggulan perangkat tersebut.
Berkas ini telah didownload sebanyak 5444 kali
Download