SKRIPSI

Penulis / NIM
YULINDA AHUDULU / 103812006
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Yulinda Ahudulu. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Metode Scramble di Kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme pada materi sumber daya alam melalui metode scramble. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi " jika guru menggunakan metode scramble dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam akan meningkat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam melalui metode scramble. Hasil penelitian pada observasi awal 65,94 dengan jumlah siwa yang mencapai ketuntasan 7 siswa (43,75%) meningkat menjadi 72,31 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 11 siswa atau 68,75% pada siklus I, sementara pada siklus II sudah mencapai 76,95 dengan jumlah siwa yang mencapai ketuntasan 14 siswa atau 87,5%. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo Kata kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, Metode Scramble
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011