SKRIPSI

Penulis / NIM
WINANG MAHMUD / 103812016
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK WINANG MAHMUD, 2014.Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Sederhana Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas II Sdn No 20 Dungingi Kota Gorontalo.E-TA, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IDra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun M,Pd Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut "Apakah melalui pendekatan kontekstual kemampuan menulis siswa kelas II SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas II SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Berdasarkan hasilobservasi awal dari 21 jumlah siswa terdapat 8 orang siswa atau sebesar 38.09% yang mampu dan 13 orang siswa atau sebesar 61.91% yang belum mampu.kemampuan siswa pada tindakan siklus I dari 2 aspek yang dinilai baru sejumlah 15 orang atau 71.43%, sedangkan yang tidak paham sejumlah 6 orang atau sebesar 28.57%.Aktivitas siswa pada tindakan siklus II terjadi peningkatan bila dibandingkan dengan aktivitas siswa pada siklus I. Efek dari peningkatan aktivitas siswa terlihat pada peningkatan kemampuan siswa, yakni pada siklus I, capaian rata-rata hanya sebesar 74.75% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82.75. Oleh karena itu, kemampuan siswa pada siklus II telah mencapai indikator yang ditetapkan, sehingga kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui pendekatan kontekstual telah mampu berdasarkan indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan tercapainya indikator keberhasilan dalam penelitian ini, dalam hal ini minimal 85% siswa telah mencapai nilai 70 ke atas, maka penelitian ini hanya sampai pada siklus II. Ini berarti bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi "Jika guru menggunakan pendekatan kontekstual pada materi menulis kalimat sederhana di kelas II SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo akan meningkat" dapat diterima dan terbukti.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa: kemampuan siswa di kelas II SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo menulis kalimat sederhana dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual. Hal ini dibuktikan dengan persentase pada obser vasi awal 13 orang siswa atau sebesar 61.91% yang belum mampu. kemampuan tindakan siklus I sebesar 15 orang siswa atau sebesar 71.43% dan pada siklus II kemampuan meningkat menjadi 20 orang atau 95.24%. Kata kunci : Menulis Kalimat Sederhana, Pendekatan Kontekstual
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011