SKRIPSI

Penulis / NIM
LUSIANTI UMAR / 103812021
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK Lusianti Umar. 103 812 021 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Identifikasi Gerak Benda Melalui Metode Eksperimen Dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Sukirman Rahim,S.Pd, M.Si Permasalahan yang dikaji penelitian adalah " Apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara ?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi gerak benda melalui metode eksperimen dikelas III SDN 1 Motilango kecamatan anggrek kabupaten gorontalo utara.Hipotesis dalam penelitian berbunyi " Jika dalam pembelajaran materi identifikasi gerak benda digunakan metode eksperimen, maka pemahaman siswa kelas III SDN 1 Motilango akan meningkat.Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas,dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda melalui metode eksperimen dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.Hasil penelitian pada observasi awal 57,14 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 8 siswa meningkat 64,28 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 9 siswa (52,28%) pada siklus 1,sementara pada siklus II sudah mencapai 92,85 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 13 siswa atau (83,85%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda Kelas III SDN 1 Motilango kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Meningkat, Kata kunci: Pemahaman, Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011