SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIANA / 103812026
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Yuliana. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Energi Panas Melalui Metode Eksperimen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Pembimbing II. Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa dengan melalui metode eksperimen hasil belajar materi perpindahan energi panas dikelas IV SDN No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat hasil belajar siswa pada materi perpindahan energi panas dikelas IV SDN No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode eksperimen. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar yaitu dari 58 % meningkat menjadi 87 % atau indicator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perpindahan energi panas di Kelas IV. Kata Kunci: Perpindahan, Eksperimen, Energi
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011