SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI R. HANYALA / 111410067
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Rahmawati R. Hanyala 2015. Deskripsi Faktor-Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd dan pembimbing II: Irpan Kasan, S.Ag. M.Pd. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar yang menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif satu variabel, dengan jumlah anggota populasinya adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 347 siswa, dijadikan anggota sampel sebanyak 10% atau 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai alat utama, dan dianalisis menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar adalah faktor internal dan faktor eksternal. Internal dengan jumlah persentasenya sebanyak 73.656% dan faktor eksternal persentasenya sebanyak 69.666%, artinya bahwa di kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo faktor internalnya lebih dominan daripada faktor eksternal. Faktor internal meliputi tiga indikator yaitu: indikator (1) kelelahan fisik, di peroleh jumlah persentase sebanyak 70.982%; indikator (2) kelelahan psikologis, dengan jumlah persentase sebanyak 69.184%; indikator (3) kelelahan perilaku memperoleh persentase sebanyak 80.804% dan pada faktor eksternal terdiri dari tiga indikator yaitu: indikator (1) lingkungan, di peroleh jumlah persentase sebanyak 69.524%, indikator (2) sarana dan fasilitas, dipeoleh jumlah persentase sebanyak 69.167%; indikator (3) guru, memperoleh jumlah persentase sebanyak 70.306%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo adalah faktor internal dengan memperoleh jumlah persentase sebanyak 73.656% Kata Kunci: Kejenuhan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011