SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVI MARDIYANA HAIDARI / 111410074
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK Novi Mardiyana Haidari, 2014. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd. M.Si dan Pembimbing II, Murhimah A. Kau, S.Psi, M.Si, Psi Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo adalah rendahnya motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap motivasi belajar siswa melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain "One Group Pre-test and post-test". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi), dan variabel Y (Motivasi Belajar Matematika). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo yang berjumlah 135 orang siswa dan terbagi dalam 5 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah 15 orang siswa kelas VIII yang dipilih secara acak dengan jumlah 3 orang siswa dari masing-masing kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh harga t_hitung sebesar -18,50. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,975(28) = 2,05. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain, atau harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan menerima H_1. Artinya bahwa hipotesis bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka bimbingan kelompok teknik diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Kata kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Motivasi Belajar Matematika
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011