SKRIPSI

Penulis / NIM
AMRIANI / 111410179
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
Amriani. 2014. Pengaruh Permainan Kelompok Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Mardiah Bin Smith, S.Pd, M.Si. dan Pembimbing II, Dr.Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan desain ""One Group Pre-Test and Post Test Design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X_ (Permainan Kelompok), dan variabel Y (Interaksi Sosial). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo yang berjumlah 130 orang yang terbagi dalam 5 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VII yang berjumlah 13 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t, dan untuk perbedaan hipotesis digunakan uji t'. Dari hasil perhitungan kelompok eksperimen diperoleh harga thitung sebesar -4,798 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(0.975) (24) lihat daftar distribusi t 24= 2,06. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau harga thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh permainan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa SMP Negeri 7 Kota Gorontalo", dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dalam rangka meningkatkan interaksi sosial siswa, hendaknya digunakan permainan kelompok.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011