SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLUN POLOSO / 111410223
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Fadlun Poloso. 2015. Deskripsi Faktor Penyebab Sulit Menyelesaikan Tugas pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag.M.Pd Permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Gorontalo adalah masalah penyebab siswa sulit menyelesaikan tugas yang ditandai dengan siswa tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru, sebagian siswa tidak tahu apa yang akan dikerjakan, tidak mengulas latihan mata pelajaran yang diberikan guru, jika diberi tugas rumah hanya diselesaikan di sekolah, dan tugas yang diberikan guru hanya dikerjakan oleh temannya, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan sulit menyelesaikan tugas pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan sulit menyelesaikan tugas pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Anggota populasi di dalam penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 299 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut yaitu secara random sampling sehingga mendapat 75 orang (25%) siswa. Teknik untuk pengumpulan data utama adalah angket, sedangkan observasi adalah sebagai pelengkap atau pendukung. Berdasarkan penelitian, diperoleh bahwa faktor Internal yang memperoleh persentse 69,81% dengan indikator siswa merasa sukar menguasai karena materinya dianggap sulit,siswa kehilangan motivasi belajar karena nilai yang diperolehnya rendah , siswa mengakui bahwa sulit untuk mendisiplin diri didalam belajar , siswa mengeluh tidak dapat berkonsentrasi, siswa mengakui tidak cukup tekun mengerjakan sesuatu, khususnya belajar , konsep diri yang rendah. Sedangkan faktor eksternal memperoleh persentase 74,15% dengan indikator kemampuan sosial ekonomi atau keadaan sosial ekonomi ,metode guru menguasai materi dan strategi pembelajaran dan lingkungan fisik . Hal ini dapat disimpulkan bahwa penyebab siswa sulit menyelesaiakan tugas di kelas XI SMK Negeri 2 Kota Gorontalo paling dominan dipengaruhi oleh faktor eksternal. Penelitian ini dapat disarankan agar lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas dan siswa itu sendiri agar lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas sehingga penelitian ini diharapkan agar dapat menjadi pedoman atau acuan untuk meningkatkan penyelesaian tugas di sekolah. Kata Kunci: Penyebab Siswa Sulit Menyelesaikan Tugas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011