SKRIPSI

Penulis / NIM
ASTA T. MAHMUD / 111411124
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK ASTA T. MAHMUD, 2014. Meningkatkan Perilaku Mandiri melalui Teknik Bermain Kelompok pada Anak di Kelompk B TK Mawar Desa Bubeya Kecamatan Suwawa. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Hj. Rena L. Madina, M.Pd. dan Pembimbing II, Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah perilaku mandiri pada anak di Kelompk BTK Mawar Desa Bubeya Kecamatan Suwawa dapat ditingkatkan melalui teknik bermain kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku mandiri pada anak di Kelompk BTK Mawar Desa Bubeya Kecamatan Suwawa melalui teknik bermain kelompok. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anakKelompk BTK Mawar Desa Bubeya Kecamatan Suwawa yang jumlah siswanya 20 orang, dengan sistem pembahasan dalam dua siklus yang masing-masing satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perilaku mandiri anak kelompok B Mawar Desa Bubeya Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui penggunaan teknik kelompok bermain. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal, hanya 40 % atau 8 orang anak yang memiliki perilaku mandiri yang diharapkan, pada siklus I terjadi peningkatan manjadi 60 % atau 12 orang anak yang memiliki perilaku mandiri yang diharapkan, dan pada siklus II mencapai 85 % atau 17 orang anak yang memiliki perilaku mandiri yang diharapkan. Dengan demikian, anak yang belum dapat memperlihatkan perilaku mandiri yang diharapkan hingga akhir penelitian ini sebanyak 3 orang.. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru Kelompk B TK Mawar Desa Bubeya Kecamatan Suwawa dapat mengoptimalkan penggunaan teknik kelompok bermain pada kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan perilaku mandiri.. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks. Kata Kunci: Perilaku Mandiri, Teknik Bermain Kelompok.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011