SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD GOBEL / 111413026
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Gobel. 2018. Hubungan Prestasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M. Pd, dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa S.Pd, M.Pd Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar belajar siswa kelas X. IPS SMA Negri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Prestasi Belajar dengan Disiplin belajar siswa kelas X. IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (prestasi belajar) dan variabel Y (disiplin belajar). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan mengunakan korelasi product moment. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah kurang dari 100, maka sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi (76 siswa), karena populasi penelitian ini kurang dari 100 orang. Hipotesis penelitian yaitu" Terdapat hubungan antara Prestasi Belajar (Y) dengan Disiplin Belajar Siswa (X) kelas X. IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango". Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar = 0,584. Dari hasil ini menunjukkan korelasi yang cukup kuat. Koefisien determinasinya adalah 0,341. Ini artinya ada sekitar 34,1% variasi yang terjadi pada variabel X dapat di jelaskan oleh vaiabel Y dan sisanya sebesar 65,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. dengan persamaan regresi yaitu ... = -27,575 + 2,118 X. Hasil perhitungan keberartian regresi sebagai mana di peroleh F hitung = 38,294 sedangkan F daftar (0.95)(1,74) = 1,791. Karena F hitung lebih besar dari F tabel (38,294 3,970), maka Ho ditolak dan diterima Ha. Sehingga dapat di simpulkan bahwa prestasi belajar dengan disiplin belajar memiliki hubungan/korelasi yang signifikan. Kata kunci: Prestasi Belajar, Disiplin Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011