Penulis / NIM
RIFKA MANGKAHA / 131408133
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstrak
ABSTRAK
RifkaMangkaha. 2012.Pengelolaan Program Akademik Di MAN InsanCendekiaGorontalo. Skripsi,JurusanManajemenPendidikan, FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeriGorontalo. Bapak Prof. Dr. Hi. Ansar Made, S.Pd.M.Pd. selaku pembimbing I dan ibu Dra. Meity Mononimbar, M.Pd. selaku pembimbing II.
Adapuntujuanpenelitianiniadalahsebagaiberikut : (1) UntukmengetahuiPengelolaan Program Pembelajaran, (2) Untukmengetahuipengelolaan program pengayaan, (3) Untukmengetahui program pengayaan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetode study kasus. Teknikpengumpulan data dilakukandengantigacarayaituobservasi, wawancaradandokumentasi. Tekhnikanalisis data denganmenggunakanreduksi data, danpenarikankesimpulan. Agar memperolehhasil yang maksimalmakapenelitimenggunakantekhnikkredibilitas, konfirmabilitas, dandependebilitas.
Hasil data dilapanganpenelitimenemukansebagaiberikut: (1) Pengelolaan Program PembelajaranyaknidalamhalPerencanaan, pengorganisasian, sampaievaluasi. SemuakegiataninidilakukandalamkegiatanPengelolaan program untukmengefektifkan proses pembelajaran. (2)Pengelolaan Program pengayaan. Proses pengelolaankegiataninisiswadiberikanpenguatanpadakompetensidasartertentu, denganmemeberitugas, tutor sebaya, diskusiataumengerjakansoal yang hasilnyadinilaidandirekam. (3) Pengelolaan program remedial Teaching, program remedial teaching merupakanbentukpenguatan, program inidilakasanakanuntukmembantusiswa-siswa yang kesulitandalam proses belajar
.
Sebagai saran daripenelitianiniadalahsebagaiberikut : (1) Bagisekolah, sesuaitemuandiatassudahmerupakansekolah yang bertarafinternasional. Dalamhalinilembagadapatterus-menerusberupayamenjadikansekolahiniuntukmenjadicontohbagisekolah-sekolah yang lain. (2) Bagi guru dalampengelolaan program pengayaandan remedial teaching untuklebihmemahamikondisisiswadalam proses pembelajaran. (3) BagiKepalaSekolah agar dapatmenjadijembatanataupenghubungdan mediator yang baikdalamPengelolaan program akademik agar lebihmeningkatkanpresatsisiswa yang ada di sekolahini. (4) Penelitimengharapkanadanyapenelitianlanjutantentangpengelolaan program akademik di MAN InsanCendekiaGorontalo.
Kata Kunci : pengelolaan, program, akademik
Download berkas