SKRIPSI

Penulis / NIM
VINDY SASTRA PUTRA KUSUMA SANTOSO / 131408186
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK VINDY SASTRAPUTRA KUSUMA SANTOSA, Skripsi Kesiapan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo (Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015). Pembimbing I dan II : Drs. H. Muh. Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui gambaran kesiapan SDM dalam mengembangkan kurikulum 2013 di SDN 33 kota Selatan Kota Gorontalo, (2) Untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari pendekatan atau rancangan penelitian mengenai kepala sekolah dan 4 (empat) orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) SDM di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo belum siap dalam mengembangkan kurikulum 2013. Hal ini terlihat dari tingkat penguasaan teknologi pendidikan pada guru-guru yang masih minim. Tingkat pendidikan seorang guru saja tidak menjamin siapnya guru tersebut dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. (2) Sarana dan prasana pendidikan yang terdapat di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo belum siap untuk implementasi kurikulum 2013. Dari semua sarana dan prasarana yang seharusnya ada untuk implementasi kurikulum 2013, seperti buku, komputer ruang laboratorium, dan lain-lain tidak satupun yang memadai untuk digunakan. Terkait temuan tersebut, disarankan : (1) Bagi kepala sekolah : kepala sekolah harus bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk mempersiapkan seluruh elemen sekolah mulai dari guru hingga sarana dan prasarananya guna mengimplementasikan kurikulum 2013 dan untuk kemajuan sekolah itu sendiri. (2) Bagi guru : Guru sebagai pengajar dan pendidik di sekolah harus mampu menjalankan tugas mengajarnya sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (3) Bagi siswa : siswa harus kreatif dan mampu menggunakan teknologi agar mudah menerima kurikulum 2013. (4) Bagi peneliti : peneliti diharapkan untuk lebih serius lagi mempelajari kurikulum 2013 agar nantinya bisa saling berbagi informasi tentang hal-hal yang perlu dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kata Kunci : Kesiapan Sekolah, Implementasi Kurikulum 2013
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011