SKRIPSI

Penulis / NIM
LISA MARSELINA AHMAD / 131410007
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK Lisa Marselina Ahmad. 2014. "Implementasi Program Pendidikan Karakter Pada Sekolah Berasrama (Boarding School) di SMA Negeri 3 Gorontalo. Di bombing oleh Dr.Fadliah M.Si sebagai Pembimbing I dan Dr.Arwildayanto, S.Pd. M.Pd sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu : 1) jenis program pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di SMA Negeri 3 Gorontalo, 2) jenis-jenis karakter yang dikembangkan pada sekolah berasrama (boarding school) di SMA Negeri 3 Gorontalo, 3) kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan program pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di SMA Negeri 3 Gorontalo, 4) solusi-solusi yang diberikan dalam mengimplementasikan program pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data adalah metode wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) jenis program pendidikan karakter pada sekolah berasrama meliputi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan keadaan asrama adalah kegiatan intrakurikuler kegiatan belajar bersama dengan program bimbingan belajar malam kemudian kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan keagamaan dengan melaksanakan sholat tepat waktu dan kegiatan olahraga dengan pelatihan baris-berbaris (paskibraka), 2) jenis-jenis karakter yang dikembangkan adalah jenis karakter yang bersifat religius dan karakter berbasis nilai budaya,peduli lingkungan, serta eksplor minat dan bakat yang dimiliki dengan adanya kegiatan-kegiatan ekskul, 3) kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan program pendidikan karakter adalah kurangnya dukungan dari pihak orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan di asrama kemudian pada siswa asrama merasakan kebosanan dan rasa rindu pada suasana rumah, 4) Solusi-solusi yang diberikan dalam mengimplementasi program pendidikan karakter adalah mengadakan pertemuan bersama orang tua, memberikan toleransi-toleransi dan memberikan kegiatan yang bermanfaat. Untuk itu disarankan untuk : 1) kepala sekolah dan pihak guru dapat memberikan informasi mengenai implementasi program pendidikan karakter sehingga dapat dijalankan sesuai dengan prosedur-prosedur yang ada dengan jenis program yang telah dibuat. 2) Untuk siswa dapat meningkatkan jenis karakter yang dimiliki untuk dapat menjadi siswa yang dapat di terima dan dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat. 3) Bagi peneliti dapat dijadikan pedoman untuk penelitian di masa mendatang Kata Kunci: Program Pendidikan Karakter, Siswa Asrama (Boarding School)
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011