SKRIPSI

Penulis / NIM
HERLINA ADAM / 131414001
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK Herlina Adam. 2018. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kepuasan kerja Guru Di SD Negeri Se Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Hj. Fory Armin Nawai, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Se Kecamatan Batudaa, (2) kepuasan kerja guru di SD Negeri Se Kecamatan Batudaa, (3) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru di SD Negeri Se Kecamatan Batudaa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner yang berisi aspek-aspek kedua variabel tersebut. Dari data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang positif. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment bahkan nilai r hitung = 0,658 berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikan koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa t hitung = 5,96 pada taraf signifikan = 0,05 dan db=n-2 = 50-2= 48 lebih besar dari t tabel = 2,021. Jadi disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,658, maka nilai koefisien determinasi r2 = 0,4329 hal ini menunjukan bahwa 43,29% kepuasan kerja guru dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan kepala sekolah sedangkan 56,71 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak berkaitan atau diluar dari penelitian ini. Untuk itu disarankan (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang sudah baik selama ini perlu dipertahankan dan perlu ditingkatkan/dikembangkan dalam meningkatkan kepuasan kerja guru. (2) bagi guru untuk dapat meningkatkan dan melaksanakan tugasnya dengan baik dalam proses belajar mengajar agar tercapainya kepuasan kerja, (3) dengan perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang baik maka akan meningkatkan kepuasan kerja guru yang baik pula dalam melaksanakan pekerjaannya. Kata Kunci: Perilaku, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011