SKRIPSI

Penulis / NIM
RISKI AMALIA DJAFAR / 131414059
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK Riski Amalia Djafar. 2018. " Stategi Sekolah Dalam Penguasaan Soft Skill Siswa di SMK N 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Phil. H. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing (II) Dr. Arwildayanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk memperoleh gambaran mengenai strategi soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. 2) Untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan pengusaan soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. 3) Untuk memperoleh gambaran strategi evaluasi soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK N 1 Gorontalo menunjukkan bahwa: gambaran mengenai strategi soft skill di SMK N 1 Gorontalo dimana strategi penguasaan soft skill terhadap siswa begitu banyak program-program yang sudah dibuat oleh pihak sekolah. Program tersebut seperti perbaikan visi misi, mengikutkan guru-guru dalam kegiatan workshof untuk menambahkan pengetahuan guru agar bisa membimbing siswa agar lebih kompettitif, dan program ekstrakurikuler guna menambah wawasan buat siswa agar lebih matang dalam mengusai kompetensi keahlianya. Program strategi pelaksanaan soft skill yang dilakukan oleh pihak sekolah seperti melaksanakan program pendekatan karakter, ekstrakurikuler, dan pengaturan tata tertib sekolah. Inplementasi satrategi pengembangan soft skill terhadap siswa sangat diperhatikan oleh pihak sekolah. Sehingga pihak sekolah berharap siswa betul mempunya soft skill yang mereka bisa andalkan ketika selesai sekolah.Gambaran strategi evaluasi soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo Salah satu cara dalam mengukur soft skill terhadap siswa di SMK N 1 Gorontalo dalam bidang keahlianya seperti ketercapaian nilai standar yang ditetapkan oleh pihak sekolah saat siswa sedang kerja praktek diluar sekolah. Selain itu, evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengukur keberhasilan siswa dengan cara merekrut siswa yang memiliki kompetensi guna akan akan mewakili sekolah dalam ajang perlombaan. Prestasi yang didapatkan oleh siswa-nya akan menjadi tolak ukur apakah siswa sudah sangat kompeten dibidangnya masing-masing. Peneliti menyarankan kepada piha-pihak terkait, 1) Siswa kiranya tetap selalu mengasah soft skill mereka agar bisa bersaing di Dunia kerja. 2) Sekolah kiranya tetap mempertahankan program-program yang sudah dibuat dalam mendukung ketercapaian soft skill terhadap siswa/i agar mereka bias kompeten dibidang keahlianya mereka masing-masing. 3) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga agar membuat program yang dapat meningkatkan soft skill terhadap siswa/i di SMK. Kata Kunci: Siswa, SMK N 1 Gorontalo, Soft Skill
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011