Penulis / NIM
OLIVIA RANTUNG / 151408197
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Olivia Rantung. 2012. NIM 151 408 197. Meningkatkan pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan menggunakan model bermain beraturan (games) di kelas 2 SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra.Samsiar RivaI S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model bermain beraturan (games), pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas 2 SDN No.17 Kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan menggunakan model bermain beraturan (games) di kelas 2 SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terdapat 18 siswa atau 60% siswa yang sudah memahami perkalian sebagai penjumlahan berulang. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yakni 77%, sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II terdapat 24 siswa atau 80% yang telah paham perkalian sebagai penjumlahan berulang. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas.
Disimpulkan bahwa model bermain beraturan (games) meningkatkan pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di kelas 2 SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman, Konsep Perkalian dan Model Bermain Beraturan (games)
Download berkas