Penulis / NIM
RISNAWATI TAIB / 151408221
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Risnawati Taib. 2012 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Energi Bunyi Melalui Metode Eksperimen Di SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs.Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode eksperimen hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi dapat ditingkatkan”, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi melalui metode eksperimen di SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada silkus I hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi yaitu sebanyak 15 orang siswa atau 62,5% dari jumlah siswa keseluruhan yang hasil belajarnya tuntas. Hasil ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 87,5% atau sebanyak 21 orang siswa. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila hasil belajar siswa meningkat dan daya serap mencapai 75%, maka proses pembelajaran dianggap berhasil.
Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan.
Kata kunci : hasil belajar, energi bunyi, metode eksperimen
?
Download berkas