SKRIPSI

Penulis / NIM
SALMA ISHAK / 151408232
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Abstrak Salma Ishak. Tahun 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Energi Gerak Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDB Al- Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Anak Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr .H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas IV SDB Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui Metode Eksperimen? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDB Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo Tentang Perubahan Energi Gerak melalui Metode Eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan selama 2 siklus, karena pada tahap persiapan pembelajaran indikator kinerja dianggap belum mencapai angka maksimal, sehingga melalui kegiatan refleksi, penelitian tersebut harus dilanjutkan sampai pada tahap pelaksanaan pembelajaran. Alasan yang mendasar adalah sebagai konsekwensi logis untuk menyempurnakan pelaksanaan tindakan persiapan pembelajaran dengan memperhatikan segala point-point yang direkomedasikan pada pelaksanaan kegiatan refleksi persiapan pembelajaran. Hasil pelaksaaan tindakan diawali dengan observasi awal, tingkat hasil belajar siswa masih sangat rendah yakni hanya mencapai 32% atau 8 siswa yang memperoleh nilai diatas 6,5 pada pelaksanaan tindakan siklus I mengalami peningkatan yakni 60% atau 14 siswa akan tetapi belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan oleh peneliti maka diadakan tindakan berikutnya pada siklus II. Pasca pelaksanaan tindakan siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan baik dan telah mencapai indikator kinerja yakni 88% atau 21 siswa. Dengan tercapainya indikator kinerja maka hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan data tersebut maka disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Metode Eksperimen dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Energi Gerak anak pada siswa kelas IV SDB Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci : Energi Gerak, Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011