Penulis / NIM
SILFONI SURATINOYO / 151408246
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Silfoni Suratinoyo 2012, Meningkatkan keterampilan siswa menulis laporan dengan metode questioning di kelas V SDN 1 Padengo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd.
Permasalahan Dalam Penelitian ini adalah apakah keterampilan siswa menulis laporan di kelasV SDN 1 Padengo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat meningkat dengan metode questioning? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan dengan metode questioning di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Padengo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yaitu yang menggunakan uraian berupa kalimat yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan dua siklus melalui empat tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analis dan refleksi. Sebab berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik.
Hasil penelitian menunjukan meningkat pembelajaran menulis laporan dikelas V SDN 1 Padengo pada siklus I capaian yang diperoleh 57,1 % dari 22 siswa, sedangkan ditahap pelaksanaan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,7 %. Hal ini dinyatakan telah tercapai indikator kerja yang ditetapkan. Hasil balik pengamatan guru mitra dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I mencapai kriteria baik hanya 57,1% sedangkan hasil balik pengamatan guru mitra dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus II mencapai kriteria baik 91,6 %
Simpulan dari penelitian adalah dengan metode questioning keterampilan menulis laporan dapat meningkat, karena dalam pembelajaran siswa dapat menulis laporan sesuai dengan ejaan dan struktur menulis serta dapat memahami isi laporan yang dibuat.
Kata Kunci : Keterampilan, laporan, metode questioning (tanya jawab).
Download berkas