Penulis / NIM
SRI JEMI AFRIANTY MOHA / 151408258
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Sri Jemi Afrianty Moha, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SDN 2 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Permasalahan penelitian ini adalah : apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 2 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kayubulan dengan menggunakan model Jigsaw. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuawantitatif yang dilakukan dalam dua siklus dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan hasil belajar siswa melalui model jigsaw dari jumlah 30 orang siswa terdapat 16 orang siswa belum mencapai ketuntasan, 14 orang siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan total nilai yang diperoleh pada siklus I hanya 46,67% dengan daya serap 67,33% setelah melalui perbaikan dan diterapkannya model jigsaw dalam pembelajaran hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus II upaya guru dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 27 orang siswa mengalami ketuntasan belajar dan 3 orang tidak tuntas dengan daya serap 77,33 %.
Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPS di SD khususnya di kelas V SDN 2 Kayubulan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Jigsaw.
Download berkas