Penulis / NIM
ULIN TALIB / 151408296
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Ulin Talib. 2012. Meningatkan Hasil Belajar Siswa tentang Cahaya dan sifat-sifatnya Melalui Metode Demonstrasi di kelas V SDB Alhuda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Drs . Ahmad Lamusu S.Pd M.Pd dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta S.Pd,M.Pd
Permasalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan metode Demon strasi Hasil belajar siswa pada m materi cahaya dan sifat-siaftnya di kelas V SDB Alhuda dapat meningkat melalui metode Demonstrasi?” sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Demonstrasi di kelas V SDB Alhuda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan II, masing-masing siklus sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pelaksaan yang di capai siswa pada siklus I belum menunjukan hasil yang tidak diharapkan karena, dari 23 orang siswa yang dikenakan tindakan 16 orang siswa atau 69,6% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 7 orang siswa atau 30,4% ke bawah. Tindakan pada siklus II sudah mencapai target karena dari 23 orang siswa yang di kenakan tindakan 21 orang siswa atau 91,3% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 2 orang siswa atau 8,7% yang memperoleh nilai 65 ke bawah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDB Alhuda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cahaya Dan Sifat-Sifatnya, Metode Demonstrasi.
Download berkas