Penulis / NIM
VERAWATY WAHYUNANGSI AHMAD / 151408300
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Verawaty Wahyunangsih Ahmad. NIM. 151408300. 2012. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Teknik Fading Di Kelas II SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Patiiha S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu. S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah keterampilan siswa menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading di kelas II SDB AL-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading di kelas II SDB Al-huda Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan kegiatan tindakan kelas siklus I Nampak bahwa siswa kelas II SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo yang mamapu menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading berjumlah 12 orang (63%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 7 orang (37%). Pada dtindakan kelas siklus II siswa yang mampu menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading berjumlah 17 orang (89%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 2 orang (11%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik fading dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis huruf tegak bersambung di kelas II SDB Al- Huda Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Menulis Tegak Bersambung. Teknik Fading
Download berkas