Penulis / NIM
TUTIN T. NUSI / 151409338
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Tutin Nusi. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Materi Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada Siawa Kelas V SDN 21 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd, M.Si. dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar tentang materi sifa-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 21 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat meningkat ?”. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 21 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan II, masing-masing siklus sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pelaksanaan yang dicapai pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan. Karena dari 26 orang siswa yang dikenai tindakan 18 0rang siswa atau 69,2 % yang memperoleh nilai 65 ke atas. Sedangkan 8 orang siswa atau 30,8% memperoleh nilai dibawah 65. Pada siklus II sudah mencapai 23 orang atau 88,5% yang memperoleh nilai 65 keatas dan 3 orang siswa atau 11,5% yang memperoleh nilai 65 kebawah. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar tntang materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDn 21 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Sifat-Sifat Cahaya.Metode Eksperimen.
Download berkas