Penulis / NIM
AGUS ANDRIANTO / 151409486
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Agus Andriyanto. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah “Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya dapat ditingkatkan Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo tentang materi sifat-sifat cahaya melalui metode demonstrasi, dengan hipotesis tindakan “Jika guru menggunakan metode demonstrasi maka hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo akan lebih meningkat”. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada pembelajaran siklus I diperoleh data dari 34 orang siswa. Siswa yang belum tuntas ada 13 orang siswa atau 38.23% dan yang tuntas ada 21 orang siswa atau 61.77%. sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang belum tuntas ada 3 orang siswa atau 8.82% dan yang sudah tuntas menjadi 31 orang siswa atau 91.18%. dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyampaikan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi hasil belajar siswa di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo tentang sifat-sifat cahaya mengalami peningkatan.
Kata kunci : Hasil belajar, Sifat-sifat Cahaya, Metode Demonstrasi.
Download berkas