SKRIPSI

Penulis / NIM
WIRANDA MOOLIANGO / 151410004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Wiranda Mooliango. Nim 151 410 004. Penerapan model-model pembelajaran cooperative learning pada pembelajaran IPS di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si dan Pembimbing 2 Nurhayati Tine S.Pd. I. M.Hi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah " bagaimana penerapan model-model pembelajaran cooperative learning pada pembelajaran IPS di SDN 12 Kota barat kota gorontalo?, apa kendala dalam penerapan -model pembelajaran cooperative learning? Dan apa solusi dari kendala dalam penerapan -model pembelajaran cooperative learning?". Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang Penerapan Model-Model Pembelajaran Cooperative Learning pada pembelajaran IPS di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo, Kendala yang dihadapi guru dalam Penerapan Model-Model Pembelajaran Cooperative Learning pada pembelajaran IPS di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo dan Cara guru mengatasi kendala pada pembelajaraan model-model cooperative learning. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan model-model cooperative learning yang telah di terapkan di kelas IV dan V melalui model STAD, JIGSAW, NHT, dan GI dimana guru dengan mudah memberikan pelajaran karena melalui model tersebut siswa dapat bekerja sama dalam belajar kelompok, saling membantu sesama teman kelompoknya sehingga pembelajaran menjadi efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model-model cooperative learning di SDN 12 kota barat kota gorontalo khususnya di kelas yang menjadi objek penelitian yaitu di kelas IV dan kelas V sangat membantu guru yang baru menggunakan model pembelajaran kooperatif dan menjadi pendukung dalam keberhasilan belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran, IPS, Cooperative Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011