SKRIPSI

Penulis / NIM
SRICIAN S. ANWAR / 151410025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK SRICIAN S. ANWAR. NIM. 151 410 025. Deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi 2014 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Aachievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN Sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo?. tujuan penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tehknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (observation), wawancara (interviuw), kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil Penelitian, pada pelaksanaan observasi, perolehan angket dan wawancara diperoleh bahwa seluruh sekolah ataupun guru yang berada di SDN sekematan Batudaa Pantai telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan ada yang tidak sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran tersebut. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dituangkan dalam angket tentang deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. dari 12 sekolah yang menjadi mayoritas responden 72 guru 44,16 atau 32 orang responden guru menyatakan Ya, 28,328% atau 21 responden guru yang menyatakan Tidak, dan 27,355% atau 19 responden guru yang menyatakan Kadang-kadang mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika. Dengan demikian disimpulkan bahwa dari 12 sekolah SDN Sekematan Batudaa Pantai kabupaten Gorontalo telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci : Deskripsi, Penerapan, STAD, Matematika
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011